Kamis, 23 Mei 2013

Manfaat Yodium Bagi Ibu Hamil


(gambar ilustrasi)
Sebagaimana disarikan dari situs bbcindonesia.com pada bulan mei 2013, tulisan saya kali ini akan membahas tentang manfaat yodium bagi ibu hamil. Para ibu yang tengah mengandung ternyata secara medis dianjurkan agar cukup mengkonsumsi zat yodium. Pasalnya para ilmuwan menyebutkan bahwa seorang ibu hamil yang kadar yodium dalam tubuhnya kurang akan berakibat cukup serius pada perkembangan psikologi/kejiwaan sang buah hati.

Dalam sebuah studi di Negara Inggris, ditemukan bahwa nilai para murid dalam pelajaran sekolah dasar cenderung lebih buruk apabila para ibu selama mereka hamil mengabaikan manfaat yodium bagi perkembangan mental (termasuk otak) si bayi. Hasil studi yang melibatkan 1.000 keluarga di negara itu sempat dimuat pada sebuah jurnal ilmiah.

Manfaat yodium bagi ibu hamil bukan hanya itu. Fakta lain yang ditemukan dalam studi tersebut menjelaskan bahwa 2/3 dari ibu hamil yang konsumsi yodiumnya tidak mencukupi, ternyata saat anak-anak mereka berumur 8 tahun memiliki tingkat kecerdasan lebih rendah 3 poin daripada anak-anak yang lahir dari wanita yang mencukupi dalam konsumsi yodiumnya.

Disamping itu, kekurangan zat ini dalam tingkat tertentu menjadi penyebab terbesar dari kerusakan pada otak. Dengan demikian kasus kerusakan otak, IQ rendah serta gangguan mental sebenarnya bisa dicegah pada masa kehamilan sang ibu dengan cukup mengkonsumsi zat yodium.



artikel saya yang lain :