Jumat, 07 November 2014

Cara Memasak Ikan Wolu Balanga


Masakan yang satu ini saya rasa masih cukup asing terdengar di telinga rekan semua, pasalnya saya juga baru sekarang ini tahu nama masakan ini. Masakan yang mana sebagai salah satu ciri khas Manado ini dikenal dengan nama Ikan Wolu Balanga yang diolah dengan bahan utama yakni ikan tuna atau tongkol. Perpaduan rasa pedas dan gurih yang selaras membuatnya diminati bukan hanya oleh orang asli Manado melainkan juga oleh orang-orang di Pulau lainnya seperti Jawa.
 
memasak-ikan-wolu-balanga
Ilustrasi
Nah kali ini penulis akan menceritakan bagaimana cara membuat menu masakan khas Manado ini berdasarkan apa yang telah saya baca di salah satu media cetak di Tangerang ini.

Bahan yang diperlukan ialah 750 gr tongkol atau ikan tuna yang telah dibersihkan dari sisiknya. Kemudian dipotong sesuai selera dengan ukuran sedang, irisan cabai hijau dan cabai merah seperlunya, 3 atau 2 tomat yang masih hijau diiris juga jangan lupa. Kemudian lagi 4 batang daun bawang diiris juga, 4 atau 5 batang serai ditumbuk hingga memar, daun jeruk purut 12 lembar, daun kemangi, minyak goreng serta terakhir air putih 2 gelas.

Sebagai bunbu perendam ikan yakni perasan air jeruk nipis satu cendok makan beserta garam sedikit. Kemudian buat bumbu halusnya 11 biji bawang merah, 5 biji kemiri, kunyit serta jahe seperlunya.

Untuk memasak ikan wolu balanga tidak terlalu rumit kok. Potongan ikan tadi silahkan dilumuri garam dan air perasan jeruk tadi hingga sekitar 5 sampai 10 menit. Bumbu halus ditumis dengan sedikit minyak goreng hingga aroma wangi bumbu tercium. Kemudian masukkan pula potongan tomat. Lalu setelah potongan tomat mulai agak layu, potongan ikan tadi dimasukkan beserta sekitar 2 gelas air putih. Selanjutnya masukkan juga serai beserta lembaran daun jeruk. Tunggu sampai masak atau ikan menjadi empuk. Sebelum diangkat masukkan dulu daun kemangi. Sajikan dengan nasi yang masih hangat.

Rekan semua boleh mencoba kalau penasaran dengan rasanya yang sangat nikmat. Semoga resep yang saya posting ini bisa menambah variasi menu makanan sehari-hari di rumah anda.


 Bacaan Terkait :