Selasa, 14 Mei 2013

Pentingnya Jalan Kaki Agar kesehatan Selalu Terjaga


(Jalan Kaki Sehat)
Jalan kaki bisa dibilang sebagai sebuah bagian dari aktivitas olahraga yang sangat murah serta tidak membosankan. Murah bisa dilihat dari segi tidak diperlukannya alat bantu khusus, serta tidak membosankan dalam artian bisa sekalian refreshing. Untuk jarak tempuh perjalanan hingga 1.5 km sebenarnya masih sangat ringan sebab jarak sependek itu setidaknya belum menyebabkan rasa lelah yang berarti bagi tubuh. Bahkan bagi yang terbiasa dengan menempuh perjalanan jauh dengan jalan kaki, jarak perjalanan 4 km pun belum menjadikan rasa lelah yang berarti.

Budaya jalan kaki saya rasa perlu diberdayakan kembali dengan menularkannya pada anak-anak kita agar generasi kedepan bisa menjadi sebuah generasi yang bersahaja dan sehat. Orang-orang pada tahun 50an (terutama di pedesaan) terbiasa menempuh perjalanan jauh dengan hanya berjalan kaki untuk pergi ke pasar maupun mengunjungi kerabat dan keluarganya yang ada di wilayah lain. Hal ini beberapa kali saya dengar dari beberapa kerabat saya yang sudah tua saat menceritakan masa-masa remaja mereka. Di samping itu faktanya memang pada jaman itu transportasi belum benar-benar merata terutama sekali di bagian pelosok daerah.

Dengan berjalan kaki berarti tubuh kita selalu aktif bergerak. Hal ini selain akan melenturkan otot-otot, juga akan membantu menjaga kerja organ-organ tubuh agar tetap berjalan dengan normal. Singkatnya orang yang suka olahraga ini hidupnya akan menjadi lebih sehat, tidak mudah terkena sakit, serta terhindar dari kepikunan di masa tua. Setidaknya ini dibuktikan oleh orang-orang jaman dulu, yang mana mereka tetap terlihat sehat di masa tuanya. Ini tak lepas dari faktor seringnya bergerak, yang pada waktu itu dilakukan dengan aktivitas berjalan kaki.

Untuk membiasakan sebuah budaya yang positif ini kita hanya dituntut memiliki sebuah kemauan serta kesadaran akan hidup sehat serta bersahaja. Namun demikian, kita tetap tidak boleh mengabaikan  faktor efisiensi waktu dalam artian kita harus tetap proporsional. Sehingga kita bisa bijak memilih apakah perjalanan itu membutuhkan kecepatan waktu yang sifatnya mendesak ataukah tidak.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat akan berolahraga jalan kaki yang agak jauh (misalnya hingga 1 km) yaitu mesti memperhatikan faktor cuaca. Pada kondisi panas terik sebaiknya hindari jalan kaki karena sinar matahari secara langsung bisa membahayakan kulit di samping tidak nyaman juga tentunya berjalan dalam kondisi panas terik. Pilihlah waktu sore atau pagi hari. Bila cukup kuat, berjalan dengan telanjang kaki juga baik untuk memaksimalkan kerja syaraf. Bawalah bekal minuman secukupnya, dan mungkin bisa juga membawa makanan kecil. Teman-teman anda juga bisa diajak melakukan olahraga sederhana ini agar perjalanan menjadi lebih asyik dan menyenangkan.


Baca juga :