Kamis, 24 Januari 2013

Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan


(Manfaat Tidur Siang)
Tangerang. Pada tengah hari selesai jam makan siang, sebagian besar orang akan tergoda untuk mememejamkan mata serta merebahkan badan. Tiba-tiba saja konsentrasi akan pekerjaan menjadi sangat berkurang dan pandangan mata jadi berat. Bagi yang punya cukup waktu pada jam istirahat kantor anda, sebaiknya tidak perlu menghindar dari godaan tidur siang sejenak, dikarenakan manfaat tidur siang yang ternyata baik sekali untuk kesehatan.

Bagi yang percaya tentang teori otak kanan dan otak kiri, simaklah beberapa temuan dari para peneliti ini. Ternyata saat tidur otak kanan aktif bekerja, dan sebaliknya otak kiri akan berada dalam posisi istirahat juga. Tahukah anda bahwa pada waktu tidur di siang hari otak kanan akan melakukan berbagai tugas berkaitan dengan mental seperti pengelolaan informasi. Di samping itu masih ada berbagai manfaat tidur siang lainnya.

Membantu mempertajam daya ingat. Pada tahun 2008 terjadi penelitian yang mendapatkan hasil kesimpulan bahwa daya ingat yang lebih tajam bisa didapatkan dengan tidur di siang hari sekitar 45 menit. Tentu saja ini sangat membantu bagi seseorang yang tengah belajar bahasa asing.

Tingkat produktivitas akan bertambah dengan aktivitas tidur siang ini sebab seseorang akan kembali bisa memusatkan konsentrasinya secara optimal pada pekerjaan manakala ia telah bangun tidur. Di samping itu, tidur siang juga mampu turunkan tingkat stres hingga 50 persen. Ini terutama pada orang yang merasa tidur malamnya kurang. Lebih uniknya lagi, tidur sekitar 20 hingga 40 menit mampu menurunkan potensi penyakit stroke dan serangan jantung.

Nah sekarang sudah tahu kan manfaat tidur di siang bolong. Mulai sekarang biasakanlah melakukannya dari jam 13.00 sampai 15.00 siang dan cukup hanya 45 menit saja.