Kamis, 09 Mei 2013

Apa Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh


(Secangkir Manfaat Kopi)
Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh cukup banyak. Kalau selama ini pemberitaan tentang jenis minuman ini biasanya bernada negatif, maka kali ini akan coba saya paparkan beberapa manfaatnya. Biar objektif, maka perlu penjelasan secara proporsional antara ‘aspek negatif dan positifnya.

Tanaman kopi dengan banyak variannya dapat tumbuh cukup baik di negeri ini. Dari sekian jumlah penduduk Indonesia, mulai dari kota hingga pelosok daerah, tidak sedikit yang menyukai minum kopi, hingga bahkan sebagian lagi cinta mati pada jenis minuman “pahit” yang satu ini. Warung-warung kopi pun tetap bertahan meskipun sudah banyak kopi instant. Makanya tak heran dan tak pula berlebihan bila ada yang mengatakan bahwa warung kopi merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia. Bahkan beberapa warung kopi yang cukup terkenal tak lupa mengkampanyekan manfaat kopi bagi kesehatan para penggemarnya.

Salah satu perkebunan kopi yang pernah saya lihat, dan cukup luas areanya yaitu perkebunan kopi yang ada di kota Bawen. Disamping sebagai wahana pembudidayaan, tempat itu duga dimanfaatkan sebagai tempat wisata termasuk rumah makan yang tentunya juga menyediakan kopi lokal. Nah itulah sedikit cerita atau ulasan pengantar tentang manfaat kopi bagi kesehatan. Selanjutnya, tahukah anda bahwa kopi bila diminum secara proporsional akan memberi manfaat bagi tubuh ?

Meskipun mengandung zat kafein, pada dasarnya kopi tidaklah berbahaya bagi yang rutin meminumnya selama tidak berlebihan. Sebab bagaimanapun yang namanya kebiasaan bersikap ekstrim dalam mengkonsumsi sesuatu biasanya memang berdampak negatif bagi tubuh. Tekanan darah tinggi adalah mungkin termasuk resiko terbesar dari terlalu banyaknya meminum kopi. Efek buruk lainnya yaitu berdebar-debar pada jantung serta gangguan susah tidur atau sering dikenal dengan insomnia. Sehingga penderita hipertensi dilarang meminum kopi, supaya tidak memperburuk kondisi kesehatannya.

Selain kafein, kopi juga mengandung zat anti oksidan sebagaimana kita tahu bahwa zat itu berperan penting melawan zat radikal bebas dalam tubuh kita. Bagi sebagian orang kopi ini juga berguna mengusir kantuk, terutama bagi mereka yang suka beraktivitas malam hari. Penelitian lebih lanjut menjelaskan bahwa sakit kanker dan gangguan liver bisa dicegah dan ditekan dengan minuman ini. Sehingga porsi yang tepat dan aman dalam mengkonsumsi kopi adalah cukup satu atau dua cangkir saja dalam sehari. Akan lebih baik lagi bila selebihnya adalah dengan meminum air putih sebagai penyeimbang.

Terakhir, dulu waktu saya masih kuliah di jogja, pernah saya diajak teman minum kopi di suatu kedai kopi terkenal. Satu hal yang menarik, dalam kampanyenya tentang manfaat kopi, mereka menulis “selamatkan generasi muda dari bahaya kekurangan kopi”.




tulisan terkait :