Senin, 27 Mei 2013

Yang Menyebabkan Pria Botak Pada Usia Muda


Kerontokan serta berhentinya pertumbuhan rambut yang menyebabkan kebotakan menjadikan sebagian pria merasa kurang percaya diri. Kebotakan pada kenyataannya tak hanya “menyerang“ kalangan orang berumur tua, namun juga bisa “menyerang” pria yang masih cukup muda. Apa sebenarnya yang menyebabkan kebotakan ini ?

Lewat tulisan kecil ini saya akan berusaha merangkum penjelasan dari 2 orang ahli dari Swedia (dokter Fred Zuli dan dokter Falvio Falvio) di bidang spesialis rambut terkait fenomena kebotakan pada anak muda.

Ternyata salah satu penyebab botak pada anak-anak muda (sekitar usia 20an) adalah adanya stres yang dialami. Barangkali beban hidup yang di rasa semakin berat, terutama di perkotaan menjadikan mereka seringkali mengalami stres.

Penyebab lainya adalah kurangnya nutrisi pada makanan yang dikonsumsi. Hubungan ini sederhana saja, yaitu bahwasanya rambut pada dasarnya terdiri dari keratin yang mana keratin ini merupakan kandungan  protein. Dengan demikian untuk mencegah rambut botak pada anak muda yang penting dilakukan salah satunya adalah makan makanan yang kaya akan protein.

Selain dua hal di atas, masih ada lagi faktor yang menyebabkan kebotakan pada para pemuda. Minuman alkohol dan rokok ternyata juga menjadi pemicu kerontokan rambut. Kandungan nikotin membuat pembuluh darah cenderung menyempit sehingga nutrisi menuju rambut tidak lancar. Sedangkan alkohol yang masuk ke tubuh bisa menyerap zat besi yang seharusnya diperuntukkan bagi tubuh. Alkohol juga ternyata akan menghambat penyerapan nutrisi di dalam tubuh. 

Untuk mencegah kerusakan rambut yang mengakibatkan kebotakan bisa dengan mengubah gaya hidup seperti banyak minum air (terutama air putih), makan makanan berprotein, serta istirahat cukup. Sedangkan untuk perbaikan struktur rambut bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zinc, zat besi, magnesium, serta berbagai jenis vitamin seperti vitamin E, B9, B5, dan B3.


baca juga :