Sabtu, 25 Mei 2013

Bagaimana Cara Mencegah Penuaan Dini Pada Wanita


ilustrasi
Bagaimana cara mencegah penuaan dini pada wanita adalah topik bahasan yang akan saya ulas dalam tulisan sederhana kali ini. Adalah wajar bila penuaan dini merupakan fenomena yang tidak diinginkan oleh setiap wanita. Tapi jangan khawatir sebab hal ini masih dapat dicegah kalau saja anda mampu mengenalinya sedari awal. Namun demikian tidak sedikit wanita yang belum mengetahui faktor apa saja yang berpotensi mempercepat datangnya proses penuaan yang mana pada umumnya bisa dikenali dari kulit seseorang.
Maka dari itu, sebelum mengetahui bagaimana cara mencegah penuaan dini pada wanita, anda perlu paham dulu beberapa faktor pemicunya. Berikut adalah faktor-faktornya sebagaimana saya rangkum dari penjelasan dokter Astrid Fabiola dalam sebuah talkshow.

Pertama adalah faktor hormonal. Menurunnya tingkat hormon serta menurunnya massa otot menjadikan beberapa diantara tanda penuaan dini. Pada umur 25 hingga 35 merupakan usia dimana umumnya terjadi proses penuaan.

Kedua yaitu faktor radikal bebas. Kandungan radikal bebas menyebabkan pembuluh darah rusak , disamping juga menghambat distribusi melanin. Untuk itu diperlukan zat anti oksidan guna menangkal radikal bebas tersebut. Contoh minuman yang dipercaya kaya akan kandungan zat anti oksidan ini adalah teh hijau.

Ketiga yaitu sinar matahari. Pancaran sinar ultraviolet merupakan faktor luar yang perlu diperhatikan sebab sangat mempengaruhi proses penuaan dini. Pada sekitar pukul 10 pagi hingga jam 3 sore merupakan waktu yang harus dihindari dari terkena sinar ultraviolet secara langsung. Alternatif lain, anda bisa memakai sunblok alias krim tabir surya sebagai perlindungan luar. Nah, setelah tahu faktor-faktor penyebabnya, sekarang tentunya anda sudah paham bagaimana cara mencegah penuaan dini pada kulit anda.


baca juga :