Rabu, 19 Juni 2013

Dampak Negatif Kebiasaan Tidur Setelah Makan


(makanan enak)
Memang tak heran kalau orang cenderung akan merasa mengantuk setelah perut kenyang. Namun dampak negatif kebiasaan langsung tidur setelah makan tidak lah sedikit. Ada berbagai macam gangguan kesehatan yang akan kita alami bila kebiasaan tersebut terjadi pada keseharian kita. Sebagaimana dirangkum dari Livestrong, inilah bahaya yang mungkin timbul  bila selesai makan langsung tidur.

Satu, meningkatnya berat badan. Saat tidur, kalori dalam tubuh cenderung lambat untuk dilangsungkan proses pembakaran. Akibatnya lemak akan menumpuk pada tubuh yang mana ini akan menyebabkan berat badan mengalami kenaikan.

Dua, dada terasa panas. Pada awalnya tubuh terasa nyaman ketika kita baringkan tubuh setelah makan. Tapi kita mesti tahu bahwa pada saat itu terjadi kerja keras pada sistem pencernaan di dalam lambung. Ini akan memicu terjadinya maag sebagai efek dari asam lambung yang berlebihan. Asam lambung ini kemudian akan menyebabkan rasa panas yang berawal dari perut, lalu naik sampai ke dada.

Tiga, refluks asam. Ini dapat terjadi akibat katup antara kerongkongan dan perut tak bisa menutup secara sempurna. Ini bisa menimbulkan naiknya asam lambung ke tenggorokan sehingga tenggorokan terasa panas.
Empat, stroke. Kebiasaan tidur begitu selesai makan juga dapat menaikkan potensi terhadap gangguan stroke. Ini didasarkan pada penelitian yang melibatkan 500 orang pada sebuah universitas di Yunani. 


baca juga :