Kamis, 04 Oktober 2012

Mengatasi Jerawat Dan Menghapus Bekasnya


Fakta Tentang Jerawat

Jerawat merupakan gangguan kulit berupa semacam benjolan kecil yang pada umumnya timbul di permukaan wajah. Akan tetapi, jerawat terkadang juga muncul di bagian kulit kepala, leher dan bahkan di sekitar punggung atau dada. Benjolan jerawat apabila dipegang/ditekan akan terasa sakit. Saat pecah akan mengeluarkan nanah dan kadang disertai sedikit darah.

(ilustrasi jerawat pada jaringan kulit)
Penyebab munculnya jerawat di kulit ada beberapa macam yang di antaranya adalah kulit kotor karna jarang dibersihkan. Kotor di sini yang cukup berbahaya yaitu kotor disebabkan debu jalanan serta polusi dari asap kendaraan. Makanya, setelah habis bepergian, terutama di kota dan anda hanya jalan kaki atau dengan sepeda motor, maka anda harus segera membersihkan wajah anda.

Penyebab munculnya jerawat selanjutnya adalah alergi oleh makanan tertentu seperti telor, udang, kacang, dan lain sebagainya. Dan penyebab lainnya adalah tekanan batin atau stress serta terhambatnya proses metabolisme melalui kulit yang ditandai dengan sulitnya mengeluarkan keringat. Maka langkah antisipasi menghindari jerawat adalah dengan rajin membersihkan badan (terutama wajah), mengurangi makan makanan yang biasanya menyebabkan alergi di kulit, banyak minum air putih dan hindari stress. Nah itulah sedikit ulasan tentang fakta jerawat dan langkah mengantisipasinya.

Mengobati Jerawat

Bila saja jerawat sudah terlanjur muncul di wajah adakah obat sederhananya ? Jawabannya tentu saja ada. Nah, anda dapat memakai es batu untuk membantu mengempiskan jerawat. Caranya, bersihkanlah wajah anda terlebih dahulu. Lalu ambil segenggam es batu dan gosokkan pada bagian jerawat. Gosoklah sampai kulit menjadi mati rasa. Trik ini dipercaya dapat membunuh bakteri/kuman yang ada pada jerawat. Setelah itu bersihkan dan keringkan.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Kulit bekas jerawat biasanya mengalami sedikit bengkak dan menghitam. Ini dikarenakan oleh jaringan kulit yang rusak. Maka untuk membantu menyamarkan bekas jerawat yaitu dengan mengangkat sel kulit mati untuk kemudian diganti dengan sel kulit yang baru. Dalam hal ini anda dapat memakai serbuk baking soda dua kali dalam seminggu. Caranya campurkan serbuk baking soda dengan sedikit air, lalu usapkan ke wajah dengan sedikit pijatan (tekanan). Setelah itu, jangan lupa untuk membilasnya. Nah, cara di atas adalah untuk mengurangi kerusakan kulit akibat jerawat dengan pengangkatan sel kulit mati. Lalu bagaimana menyamarkan warna hitamnya ?

Vitamin c yang terkandung pada buah buahan dipercaya dapat membantu meratakan warna kulit. Maka anda dapat mengambil buah jeruk nipis untuk diambil airnya dan di usapkan ke bekas jerawat. Anda cukup melakukannya 3 kali dalam seminggu. Selamat mencoba.

artikel terkait :

cara awet muda yang tidak mahal